SherlockHolmes

All About Mystery Information Shared By Me

Pasti para temen-temen udah tau donk tentang forum diskusi yang saya sebutkan pada judul artikel ini.
Siapa sih yang gak tau forum terbesar se-indonesia yaitu KASKUS The Largest Indonesian Community :), nah itu merupakan salah satu contoh forum diskusi yang sangat terkenal di Indonesia.
Dan untuk forum seperti BLUEFAME dan INDOGAMERS pasti sudah banyak juga yang udah tau :). Nah, buat kita-kita yang ingin bikin forum diskusi, kali ini saya akan membagikan tutorial yang langsung saya posting disini.
Tutorial nya tidak akan saya buat dalam bentuk download-an, tutorial nya langsung saya post disini :), jadi kalo ada yang mau tanya-tanya silahkan post aja di komentar.

OK, sekarang saya akan mulai untuk share nya :D, tapi berhubung perlu gambar juga untuk menerangkan tutor nya jadi saya pending dulu deh artikel nya sampe sini.
Besok hari sabtu akan saya posting disini :), hmm…tertarik? Ok tunggu jam tayang nya ya, akan saya bahas sampe tuntas :D.
————————————————————————————————
UPDATE
Ok, saya akan mulai bahas cara pembuatan forum diskusi mulai dari awal. Dalam pembuatan forum diskusi ada beberapa software yang dapat kita gunakan, yaitu VBulletin, PhpBB dan SMF.
Untuk yang berbayar kita bisa gunakan VBulletin, dan untuk yang gratis kita bisa menggunakan SMF atau PhpBB, untuk yang SMF bisa di download di SINI, dan untuk yang PhpBB bisa di download di SINI.
Kalo untuk yang VBulletin kita harus membayar untuk memilikinya, sebenernya ada juga sih yang bajakan, tapi saya gak bisa share disini :).  Nah, software  ini bukan seperti software yang umum nya kita install.
soalnya software ini berbentuk script-script PHP, CSS, HTML dan bahasa pemrograman web lain nya, jadi gak bisa di instal seperti software photoshop dsb, untuk jalanin software nya kita perlu suatu aplikasi yang bisa di download di SINI.
Nah, sekarang saya akan ambil contoh salah satu jenis saja dari 3 software forum tersebut, saya akan mengambil forum SMF, saya menggunakan SMF karena memang paling sering digunakan oleh kebanyakan Forum diskusi.
Langkah pertama yang akan kita lakukan:
1. Download software XAMPP di SINI. dan kemudian instal seperti biasa pada direktori C ( instal nya kaya biasa, di Next-next aja terus :)).
2. Download Software SMF di SINI
3. Jalankan software XAMPP, lalu setelah sampai pada tampilan seperti di bawah ini, silahkan beri tanda centang 2 kotak “apache” dan “MySOL” sampai ada tanda aktif. silahkan lihat gambar pada link di bawah ini. http://img223.imageshack.us/img223/3668/langkah1.png
4. Buat folder pada direktori C:\xampp\htdocs\, dan beri nama folder tersebut “FORUM” (tanpa tanda kutip). dan kemudian copy SMF yang sudah di download tadi di folder yang bernama “FORUM” tadi, dan kemudian klik kanan pada file SMF yang berbentuk ZIP tadi dan kemudian pilih “extract here”.
5. Buka browser lalu buat link seperti link berikut di browser anda http://localhost/forum/install.php , kemudian kita akan dihadapkan pada tahap instal forum tersebut.
6. Setelah di hadapkan pada tahap penginstalan, kemudian isi lah “forum name” pada kolom pertama, isikan nama forum yang akan anda buat. lalu pada kolom “MySQL Username” isikan dengan root, dan selebihnya biarkan seperti DEFAULT dan kemudian pilih “proceed”
7. Setelah masuk klik proceed (halaman selanjutnya), maka isi lah semua nya username, password dan email dan MySQLdatabase di kosongkan saja, dan harap ingat semua yang sudah anda isikan!.
8. FINISH!, silahkan centang tulisan Click here to delete this install.php file now. (doesn’t work on all servers.), dan kemudian pilih link yang ber tuliskan “your newly installed forum”.
Nah, silahkan pelajari dulu sendiri cara-cara mengoperasikan forum yang sudah anda instal di localhost. Gampang koq! :D.
Lalu, gimana cara nya supaya forum saya bisa online dan di akses oleh public?hmmm….ok saya post hari minggu ya, tunggu tanggal main nya yang kedua :).
UPDATE!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Tag:cara membuat forum, cara membuat kaskus, membuat forum, cara buat kaskus, cara membuat forum seperti kaskus, cara bikin kaskus, cara buat forum, cara membuat forum diskusi

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

About this blog

This blog share about all information, i'm sorry if there had a little bug

Popular Post

Blogroll

Cool Blue Outer Glow Pointer

About